Entri yang Diunggulkan

Pameran Onlie KKN 98 Desa Petereman Kecamatan. Modung Kabupaten Bangkalan

Pameran Onlie KKN 98 Desa Petereman Kecamatan. Modung Kabupaten Bangkalan Program Kerja Utama kelompok KKN 98 adalah membuat bakso lele d...

Selasa, 24 Juli 2018

MENYEIMBANGKAN PENDIDIKAN DUNIAWI DAN UKHROWI


Menyeimbangkan Pendidikan Duniawi dan Ukhrowi
               
Pendidikan duniawi untuk menyesuaikan dengan perkembangan zaman (Wardatul Hamrok)

BANGKALAN – Pendidikan merupakan suatu hal yang sangat penting bagi setiap orang. Dengan adanya pendidikan, masyarakat dimanapun bisa menyesuaikan dengan perkembangan zaman. Bukan hanya menyesuaikan, seseorang bisa mengubah dunia. Namun dengan kemajuan pendidikan duniawi jangan sampai melupakan pendidikan ukhrowi yang tak kalah pentingnya.
Terlebih dengan budaya orang tua Madura yang menyekolahkan anak-anak mereka ke sekolah madrasah. Setelah itu dilanjutkan untuk mengaji. Seperti yang dilakukan oleh kelompok kami yang memberikan pendidikan duniawi sekaligus pendidikan ukhrowi kepada anak-anak desa Patereman, Modung (23/7/18). Dimulai dari pukul 07.00 hingga 12.00 WIB di sekolah. Lalu dilanjut pukul 15.30 hingga 16.30 WIB di posko kami. Dengan tambahan waktu belajar saat sore hari diharapkan dapat meningkatkan daya ingat mereka dengan ilmu yang di dapat di sekolah tadi pagi. Saat waktu maghrib tiba, kamipun mengajak mereka untuk solat maghrib berjamaah. Dengan begitu, kami mengajarkan mereka bahwa pendidikan ukhrowi tak kalah pentingnya dengan pendidikan duniawi. Jika sekuat tenaga mendalami pendidikan duniawi maka sekuat tenaga pula untuk mendalami pendidikan ukhrowi.
Sholat berjamaah sebagai media pendidikan ukhrowi (Ana Al Maidah)

0 komentar:

Posting Komentar