Jumat, 03 Februari 2017

SEJARAH DESA PATEREMAN

SEJARAH DESA



Pada zaman dahulu sebelum Desa ini terbentuk setiap air laut surut banyak masyarakat berdatangan ke daerah tepi pantai untuk dibuat lauk, semakin lama banyak orang yang mencari terem, untuk memudahkan pencarian terem banyak masyarakat yang bermukim atau bertempat tinggal didaerah tersebut, maka dari itu masyarakat menyebut daerah tersebut patereman, yang artinya daerah yang terdapat banyak terem.
Selain itu, menurut cerita legenda rakyat terbentuknya nama desa Patereman karena pada zaman dahulu ada seorang kyai yang sedang menuju pamekasan, dan pada waktu itu kyai menumpangi seekor ikan yang di tengah perjalanan terdampar di desa yang banyak Tiram, akhirnya kyai tersebut bertempat tinggal di desa Tiram. dari kejadian itulah desa ini dinamakan desa Patereman.  
Selain kisah terbentuknya nama desa Patereman, di desa Patereman juga ada sejarah dari Jaka Tarub, kata tokoh masyarakat sekitar dulu Jaka Tarub melihat bidadari yang sedang mandi di sendang, dan sekarang jaka tarub di makamkan di desa Patereman tepatnya di dusun mendris. cerita lainnya ada masjid yang ditempati jaka tarub untuk beribadah, ketika masyarakat desa mendris mengganti atap masjid yang terbuat dari jerami tiba tiba esok harinya atap genteng yang dipasang warga turun dengan sendirinya dan berganti ke atap semula yaitu atap jerami. Didesa Patereman terdapat 5 dusun yaitu dusun Kedundung, dusun Galisan, dusun Anjun, dusun Baton, dan  dusun Mendris. 


0 komentar:

Posting Komentar