Jumat, 03 Februari 2017

GEOGRAFIS DESA PATEREMAN



Desa Patereman merupakan daerah pesisir pantai yang terletak di kecamatan Modung kabupaten Bangkalan Madura. Luas wilayah Desa Patereman adalah 30.682 m2, yang terdiri dari sawah  dan ladang seluas 2.999,785 Ha. Desa patereman berada di kecamatan Modung kabupaten Bangkalan dengan luas 229,15 Ha yang terletak pada ketinggian 2 m dari permukaan laut. Letak desa berada tepat di sebelah laut. Secara administratif Wilayah desa Patereman terbagi menjadi 5 dusun yaitu dusun mendris, Baton, Anjun, Kedungdung, Galisan.   batas wilayah Desa Patereman yaitu Sebelah utara berbatasan dengan desa Serabi timur. Sebelah timur berbatasan dengan desa Noreh.  Sebelah selatan berbatasan dengan selat Madura. Sebelah barat berbatasan dengan desa Pangpajung. Sepanjang jalan raya akses utama desa berada di dekat bibir pantai. Tentu saja hal ini menjadikan keuntungan tersendiri karena desa patereman memiliki potensi alam yang cukup bagus. Desa Patereman memiliki tanah yang sangat tandus ketika musim kemarau, karena itu sawah-sawah di desa ini kebanyakan di manfaatkan hanya di musim penghujan saja. Desa Patereman memiliki potensi lain dalam bidang pertanian yaitu banyaknya pohon sawo yang ada di salah satu dusun di desa patereman yaitu di dusun kedundung.
                          
      Wilayah Administrasi
Desa Patereman merupakan desa yang terletak di pusat kota kecamatan sehingga desa Patereman ini lebih maju dibandingkan dengan desa lain yang terdapat di kecamatan modung. berikut letak dusun yang ada di desa Patereman:

1.      Dusun Mendris
Wilayah dusun medris terletak dibagian paling barat desa Patereman. Dusun ini berbatasan dengan desa Pangpajung.

2.      Dusun Anjun
Dusun Anjun merupakan dusun yang terletak setelah dusun Medris jika dari arah barat.

3.      Dusun Baton
Dusun Baton merupakan dusun yang terletak ditengah – tengan desa Patereman antara dusun Ajun dan Dusun Kedundung.

4.      Dusun Kedundung
Dusun Kedundung merupakan dusun yang paling maju diantara kelima dusun di desa Patereman. Terletak setelah dusun Baton.

5.      Dusun Galisan

Dusun Galisan terletak dibagian paling timur di desa patereman. Dusun ini berbatasan langsung dengan kabupaten sampang dan merupakan dusun yang terletak paling ujung di kabupaten Bangkalan.


Adapun batas wilayah Desa Patereman antara lain:
1.      Sebelah selatan berbatasan dengan selat madura.
2.      Sebelah utara berbatasan dengan desa Serabi Timur dan desa Kolla.
3.      Sebelah barat berbatasan dengan Desa Pangpajung
4.      Sebelah timur berbatasan dengan kabupaten Sampang.

ORBITASI
Desa Patereman merupakan desa yang terletak dipusat kota Kecamatan Modung sehingga tidak membutuhkan waktu untuk menuju ke Kecamatan. Namun, karena letak Desa Patereman berada di perbatasan antara Kabupaten Bangkalan dan Sampang, jarak dan waktu tempuh dari Desa Patereman  menuju Kantor Kabupaten/ Kota Bangkalan termasuk jauh dan lama. Data orbitrasi yang dihimpun Kabupaten Bangkalan menyebutkan, jarak Ibu Kota Kabupaten/ Kota terdekat yaitu 47 km, sementara lama tempuh yang dibutuhkan sekitar 1,5 jam.


Jarak ke Kecamatan          
0 meter
Lama tempuh Kecamatan
0 jam
Jarak ke Kabupaten
47 Km
Lama tempuh Kabupaten
1,5 Jam

Kondisi orbitrasi di atas menjadikan proses administrasi yang dilakukan aparat desa maupun masyarakat Desa Patereman tidak seimbang. Ketika mengurus administrasi di Ibu Kota Kecamatan, waktu yang dibutuhkan lebih cepat. Akan tetapi,  waktu yang dibutuhkan untuk mengurus administrasi dari Desa Patereman menuju Ibu Kota Kabupaten Bangkalan akan berjalan lebih lama.

0 komentar:

Posting Komentar